Selasa, 28 Desember 2010

Manusia dan Kegelisahan

A.    Pengertian kegelisahan
Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang beraru tidak tenteram hatinya selalu merasa khawatir , tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tenteram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak gerik tersebut berbeda dari biasanya. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan karena itu dalam kehidupan sehari -  hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan.
 Sigmund Freud (ahli psikoanalisa) berpendapat bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (objektif), kecemasan neurotic dan kecemasan moril.
a.       Kecemasaan Objektif
Kecemasan objektif adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam untuk mencelakakannya. Pengalaman bahaya mempengaruhinya untuk menjadi takut kalau berada dekat benda - benda tertentu atau keadaan tertentu di lingkungannya.
b.    Kecemasan Neurotic (Syaraf)
Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya yang naluriah. Menurut Sigmund Freud, kecemasan ini dibagi menjadi tiga macam.
Kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, kecemasan timbul karena orang itu takut akan bayangannya sendiri atau takut akan dirinya sendiri sehingga menekan dan menguasai ego. Kecemasan semacam ini menjadi sifat dari seorang yang selalu mengira bahwa sesuatu yang hebat akan terjadi.

c. Kecemasaan Moril
Kecemasan moril disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam - macam emosi antara lain: iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, cinta dan rasa kurang percaya diri.



B.     Sebab - sebab manusia menjadi gelisah
Sebab - sebab manusia menjadi gelisah pada dasarnya adalah karena takut kehilangan haknya. Hal itu adalah akibat dari ancaman, baik ancaman yang berasal dari dalam maupun ancaman yang berasal dari luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar