1.1
LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam rangka merebut minat pembeli / konsumen,
tentu fungsi promosi akan sangat diperlukan, sebab dengan promosi maka konsumen
akan mengetahui keberadaan barang yang dijual. Hampir seluruh kegiatan industri
maupun perdagangan selalu mencatumkan sejumlah dana untuk kegiatan promosi
dalam anggaran perusahaan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan
mencapai keuntungan maksimum.
Adapun dalam usaha
untuk mengembangkan perusahaan, dalam hal ini maka
perusahaan memperluas pangsa pasarnya dan PT
INTER-DELTA,Tbk telah melakukan sistem pemasaran yang baik, diantaranya
melakukan : promosi, distribusi dan pelayanan. Faktor utama untuk memasarkan
produk yang penting adalah promosi, sebab tanpa promosi maka banyak konsumen
yang tidak mengetahui akan keberadaan barang tersebut. Promosi secara kontinue
dimaksudkan untuk memaksimalkan penjualan produk pada PT INTER-DELTA,Tbk oleh
karena itu penulis mengambil judul : “
KEGIATAN PROMOSI DAN PERAMALAN PENJUALAN DENGAN METODE MOVING AVERAGE DAN
WEIGHT MOVING AVERAGE PADA
PT.INTER-DELTA, Tbk”.
1.2
RUANG LINGKUP MASALAH
Ruang
lingkup masalah adalah menjelaskan kegiatan promosi penjualan pada
PT.INTER-DELTA, tbk. Penulis juga
meramalkan penjualan tahun 2000. Data yang dipakai adalah data penjualan
1995-1999. Tekhnik peramalan yang dipakai adalah metode moving Averahe dan
Weight Moving Average.
1.3
BATASAN MASALAH
Pada penelitian
ini, penulis membatasi kegiatan
promosi pada periklanan
( media
massa, media elektronik seperti radio dan koran ), pasang spanduk, sponsor
ship, dan stiker – stiker. Peramalan dihitung dari total biaya secara
keseluruhan dalam satuan rupiah yang digunakan adalah selama tahun 1995 sampai
dengan 1999.
1.4
TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan
penulisan ini , yaitu :
1. Untuk menjelaskan kegiatan promosi penjualan pada
PT INTER-DELTA,Tbk.
2. Untuk menghitung peramalan penjualan dengan metode
moving average dan weight moving average
3. Untuk mengetahui metode peramalan yang paling
tepat berdasarkan tingkat peramalan yang tepat berdasarkan tingkat kesalahan
ramalan.
1.5
METODOLOGI PENELITIAN
Untuk
mengetahui data yang lengkap dan konkrit dalam penyusunan
Penulisan Ilmiah ini, penulis menggunakan metode penulisan
sebagai berikut :
1.
Study Kepustakaaan
Pengumpulan data dan
pencarian informasi dilakukan dengan menelaah buku yang terdapat di
perpustakaan, buletin, dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penulisan
ini.
2.
Riset lapangan
Pengumpulan data
dilakukan secara langsung dan pengamatan terjun langsung ke lapangan
BAB I : Pendahuluan
Dalam bab ini
penulis menguraikan mengenai latar belakang masalah, batasan masalah, perumusan
masalah, tujuan penulisan, metodologi Penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II : Landasan Teori
Dalam bab ini
penulis menguraikan pengertian pemasaran, promosi, media promosi,
keputusan-keputusan utama dalam periklanan, jenis-jenis periklanan, pengertian
penjualan,peramalan penjualan.
BAB III : Gambaran Umum mengenai PT INTER-DELTA, Tbk
JAKARTA
Dalam bab ini
penulis menguraikan sejarah singkat dan struktur organisasi PT INTER-DELTA, Tbk
JAKARTA.
BAB IV : Pembahasan
Dalam bab ini
penulis menguraikan kegiatan promosi dan penjualan, serta meramalkan penjualan
di tahun 2000 serta hambatan-hambatan
dalam pelaksanaan promosi.
BAB V : Penutup
Dalam bab ini
penulis menguraikan kesimpulan dan saran tentang semua permasalahan yang
dibahas oleh penulis dan dapat berguna bagi perusahaan, terutama dalam
melaksanakan kegiatan promosi yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar