Sabtu, 30 Oktober 2010

konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan


Konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan memiliki keterkaitan satu sama lain. Basanya ilmu budaya dasar dapat dijadikan landasan bagi seseorang untuk membuat suatu karya. Sastra dan seni merupakan sesuatu yang berkaitan satu sama lain. Sastra adalah suatu dasar dalam bahasa yang merupakan pelajaran mendalam tentang sesuatu. Dan seni adalah hasil karya manusia yang menggunakan kreativitas.
Dalam kesusastraan, pasti ada ilmu budaya yang menjadi dasarnya. Seperti halnya dengan prosa. Prosa merupakan sekumpulan kalimat yang ada dalam bahasa Indonesia. Dalam suatu prosa terdapat keindahan dari ilmu budaya.
Contohnya seperti prosa fiksi yang memaparkan kalimat imajinasi (khayalan) atau menggambarkan sesuatu dengan pengandaian (secara kiasan).
Karya sastra ada 2 yaitu karya sastra lama dan karya sastra baru. Karya sastra lama adalah karya sastra yang biasanya masih menggambarkan suasana keratin ataupun kerajaan di mana pengarangny tidak diketahui (anonym). Sedangkan karya sastra baru adalah karya sastra yang sudah lebih modern di mana dalam setiap karyanya selalu menyebutkan nama pengarangnya.
Dalam kesusastraan juga terdapat puisi. Puisi adalah kumpulan kalimat yang berisi pengutaraan atau pencurahan dari perasaan sang penulis yang ingin berbagi perasaan kepada para pembacanya. Setiap penyair pasti dapat mengutarakan perasaannya dengan indah melalui kata – kata kiasan yang mungkin dapat menyayat hati atau menggugah perasaan para pembacanya.
Dasar – dasar yang mendasari penyajian puisi dalam ilmu budaya dasar adalah keindahan memilih kata – kata kiasan yang dapat mempengaruhi perasaan semua orang yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar