Minggu, 31 Oktober 2010

manusia dan keindahan


Keindahan merupakan segala sesuatu yang dianggap bagus, cantik, elok, sedap dipandang mata, dll. Keindahan dapat dibedakan menjadi keindahan alam, keindahan moral, keindahan intelektual serta keindahan seni. Semua itu didasari dari sikap manusia yang menjalankannya.
Keindahan ada yang bersifat abstrak dan bersifat dapat dilihat. Keindahan yang bersifat abstrak merupakan sesuatu yang dilandasi oleh kebaikan sehingga menimbulkan ketenangan dan kenyamanan bagi manusia yang berada di sekitar keindahan abstrak tersebut. Misalnya seperti keindahan moral dan keindahan intelektual.
Moral dapat menjadi indah bila manusia yang menjalankannya dapat menjaga moral dan etika dalam kehidupan. Sehingga ia dapat dikatakan sebagai manusia yang menjunjung tinggi moral sebagai landasan dari kehidupannya.
Sedangkan keindahan intelektual merupakan keindahan yang tercipta akibat usaha manusia untuk menjadi yang terbaik. Itu sebabnya manusia selalu mengusahakan agar intelektualnya lebih baik lagi.
Keindahan yang bersifat dapat dilihat merupakan keindahan yang tercipta akibat kreativitas manusia. Misalnya keindahan alam dan keindahan seni. Keindahan alam dapat terjaga bila manusia mampu untuk menjaganya dan tidak merusaknya. Sedangkan keindahan seni merupakan hasil karya manusia untuk menuangkan segala kreasinya dalam bentuk seni.
Nilai keindahan dapat dikatakan sebagai nilai estetik. Suatu benda dianggap memiliki nilai estetik jika benda itu memiliki kemampuan untuk memuaskan keinginan manusia yang tak pernah puas. Dalam nilai estetik terkandung 2 nilai, yaitu nilai ekstrinsik dan nilai instrinsik.
Niali ekstrinsik adalah nilai dari segala sesuatu yang membantu. Seperti dalam karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai ekstrinsik yang membantu untuk menimbulkan nilai keindahan dari karya sastra tersebut.
Nilai instrinsik adalah nilai yang terdapat dalam suatu karya sastra. Seperti halnya dengan amanat yang disampaikan dalam setiap karya sastra.
Manusia memiliki hubungan dengan keindahan. Karena manusia itu sendiri yang menjalankan dan menciptakan keindahan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar