Selasa, 04 Desember 2012

Metode Riset : Bab 1

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan dalam bidang telekomunikasi yang semakin pesat terutama di daerah Ibukota Jakarta, akan membawa dampak yang cukup komplek bagi para pengusaha provider. Berbagai strategi dilakukan perusahaan agak produk yang mereka hasilkan dapat menarik minat para konsumen. Sejak ditemukan telephone pertama kali oleh Graham Bell, telekomunikasi telah berkembang pesat, bahkan bisa jadi tercepat diantara bidang lainnya. 
Dari sisi teknologi, teknologi telekomunikasi seluler telah mengalami evolusi mulai dari generasi (1G) berkembang dengan munculnya teknologi generasi berikutnya (2G dan 3G). Saat ini bahkan sudah mulai kajian dan persiapan standarisasi teknologi dan layanan generasi keempat (4G). Perkembangan teknologi seluler tersebut adalah dalam rangka menyediakan kapasitas dan transfer data yang lebih tinggi sehingga mampu mendukung adanya kebutuhan akan layanan yang memerlukan transfer data berkecepatan tinggi, misalnya layanan multimedia. Perkembangan teknologi dari generasi (1G) sampai generasi ke empat (G4) membuat konsumen semakin gencar memilih provider yang dapat menawarkan layanan yang lengkap sesuai dengan perkembangan jaman.
Pelayanan yang baik menjadi salah satu pertimbangan para konsumen untuk memilih provider demi kelancaran komunikasi. Selain pelayanan yang unggul, tarif penggunaan provider juga menjadi salah satu alasan konsumen memilih suatu provider. Layanan yang unggul akan berbanding lurus dengan tarif yang dikenakan kepada konsumen. Banyak para pengusaha melakukan strategi agar bisa menghasilkan layanan yang terbaik dengan tarif yang sesuai dengan keinginan para konsumen khususnya kalangan mahasiswa yang lebih banyak menggunakan layanan internet untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. 
Layanan dan tarif yang murah membuat banyak kalangan mahasiswa memilih provider Indosat, dengan produknya IM3. Dengan talkline IM3 NONSTOP ‘Semuanya Murah Serunya Nggak Terbatas’ ,IM3 menjadi kartu prabayar dari Indosat untuk anak muda di Indonesia. 
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian di atas, maka perumusan masalah di dalam penelitian ini adalah:
1. “Seberapa Besar hubungan antara penentuan tarif yang ditawarkan provider Indosat terhadap keputusan konsumen dalam memilih provider Indosat (IM3)?”
2. “Untuk mengetahui apakah tingkat pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan provider Indosat?”
1.3 TUJUAN 
Berdasarkan rumusan permasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalalah:
1. Untuk menganalisis hubungan antara tarif yang diberikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih provider Indosat (IM3).
2. Untuk menganalisis,”apakah tingkat pelayanan juga berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam penggunaan provider Indosat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar