Selasa, 04 Desember 2012

Metode Riset : Proposal - Metodologi

- Data dan Sumber Data

CARA PENGAMBILAN DATA DAN SUMBER DATA 
Cara mengumpulkan data: (a) Wawancara, yaitu mengadakan tanya-jawab dengan responden maupun pihak-pihak yang terkait; dan (b) Kuesioner, yaitu dengan mengirim daftar pertanyaan untuk diisi oleh responden, disini responden diminta memberikan pendapat atau jawaban pertanyaan-pertanyaan.

Jenis sumber data: (a) Data primer adalah data yang diperoleh dengan mengadakan
wawancara langsung dengan responden berdasarkan daftar pertanyaan


ALAT ANALISIS DATA
Berdasarkan data yang dikumpulkan dari hasil penyebaran kuisioner, data tersebut diolah
dan dianalisis. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan program komputer SPSS.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan model regresi linier berganda .
Analisa regresi linier berganda dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kepuasan
pelanggan (harga , kualitas) terhadap loyalitas pelanggan. Rumus regresi linier berganda, adalah sebagai berikut:
Y = a+b1X1+b2X2+e
dimana:
Y = keputusan penggunaan kartu prabayar IM3
A = konstanta
X1 = harga
X2 = kualitas
b = koefisien regresi berganda
e = nilai eror atau nilai sisa (residual)


- Variabel dan Tahapan Penelitian


Identifikasi Variabel
Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian adalah:
X 1 = harga
X 2 = kualitas Pelayanan
Definisi Operasional
Kepuasan pelanggan (variabel bebas x)
1.Harga
Harga merupakan suatu pembayaran yanag harus dibayarkan oleh pelanggan kepada perusahaan atas jasa yang telah digunakan oleh pelanggan.

2.Kualitas
Kualitas merupakan segala kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan yang menggunakan kartu prabayar IM3.


TAHAPAN PENELITIAN

a. Survey dan Pengumpulan data awal.
b. Pengumpulan Data Lapangan
c. Pengolahan Data
d. Analisis dan Implementasi Data
e. Laporan Penelitian


- Model Penelitian


Jenis penelitian dengan hipotesis ini adalah survey, yaitu suatu penelitian yang bertujuan
untuk mempelajari seberapa besar kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan terhadap tingkat kepuasaan konsumen menggunakan kartu prabayar IM3 serta pengembangan terhadap loyalitas pelanggan Indosat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar